Tahun Lalu Terkoreksi, Apa Kabar Rumah Pondok Indah di 2022

Share This Post

Share on facebook
Share on twitter
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp


Jakarta, CNBC Indonesia – Harga rumah di beberapa kawasan elit di Jakarta tahun lalu menghadapi tekanan berat akibat pandemi Covid-19. Tahun ini, kondisinya masih akan tertekan, namun tidak separah tahun lalu.

Kalangan broker menyebut bahwa penurunan harga bergantung pada kebutuhan pemilik aset. Jika pemilik tidak begitu membutuhkan uang dalam kebutuhan terdesak, maka harganya bisa tertahan. Sebaliknya, investor yang bakal membeli juga berharap harga murah.

“Ini kan emang daerah elit sudah mature, kalau bicara investor masuk nunggu ada harga diskon atau koreksi. Paling diskon nggak banyak cuma 10 persen,” kata Ketua Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (Arebi) Lukas Bong kepada CNBC Indonesia, Rabu (12/1/22).

Artinya harga rumah di kisaran Rp20 miliar bisa terdiskon Rp 2 miliar. Sebagai contoh di situs jual beli OLX, rumah dengan luas bangunan 1.388 m2, luas tanah 545 m2 memiliki harga Rp23,9 miliar.




Ilustrasi rumah di kawasan Pondok Indah, Jakarta. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)Foto: Ilustrasi rumah di kawasan Pondok Indah, Jakarta. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
Ilustrasi rumah di kawasan Pondok Indah, Jakarta. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Harapan pemilik aset rumah di Pondok Indah untuk mendapatkan uang bukan hanya bergantung pada menjual rumah, melainkan menyewakan kepada ekspatria yang bekerja di Indonesia.

“Kalau ekspatriat balik akan mendorong tingkat hunian. Jika pertengahan tahun atau tahun ini mereka kembali dan menyewa disini maka akan bergairah, tapi itu yang jadi tantangannya,” ujar Ketua Arebi DKI Clement Francis kepada CNBC Indonesia.

[Gambas:Video CNBC]

(dce/dce)




Source link

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore