Pemkab Cianjur Tingkatkan Pengawasan Bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri

Share This Post

Share on facebook
Share on twitter
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp


KABUPATEN Cianjur, Jawa Barat, meningkatkan kewaspadaan penyebaran varian Omikron. Terlebih, saat ini sudah terdeteksinya seorang warga Cianjur yang terpapar Omikron seusai melakukan perjalanan dari luar negeri.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Irvan Nur Fauzy, mengatakan bentuk kewaspadaan dilakukan dengan meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan. Pun koordinasi dengan Pemprov Jabar berkaitan dengan kedatangan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN), terutama dari Kabupaten Cianjur. “Apapun latar belakangannya, baik PMI (Pekerja Migran Indonesia) ataupun pelaku perjalanan lainnya,” kata Irvan, Selasa (11/1).

Upaya lainnya dilakukan dengan melakukan survailance berbasis mikro. Praktiknya dilakukan dengan cara meningkatkan pengawasan terhadap warga setempat maupun dari luar daerah yang kedapatan melakukan perjalanan dari luar negeri ataupun dari luar daerah.

“Jika ada kedatangan tamu, terutama dari luar negeri, tentu kami memohon informasjnya dari tingkat RT dan RW. Sehingga kita bisa cek statusnya seperti apa,” terang Irvan.

Irvan menyebut Dinkes Kabupaten Cianjur mulai memasifkan lagi edukasi dan sosialisasi informasi varian Omikron kepada masyarakat. Namun, jelasnya, penerapan protokol kesehatan covid-19 seperti 5M merupakan kunci bisa menangkal berbagai potensi penularan covid-19 dengan berbagai variannya.

“Tentunya juga vaksinasi. Kami gencarkan terus upaya vaksinasi sesuai dengan sasaran. Sama seperti varian covid-19 lainnya, upaya menangkalnya dengan prokes ketat dan menerapkan 5M,” pungkasnya.

Sebelumnya, seorang warga Cianjur dikabarkan positif terpapar Omikron. Warga asal Kecamatan Karangtengah itu merupakan PMI yang baru tiba di Indonesia setelah melakukan perjalanan dari luar negeri. Saat ini warga tersebut sedang menjalani isolasi di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Jakarta. (OL-15)






Source link

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore