Paripurna DPR Lantik Pengganti Haji Lulung dan Harvey Malaiholo PDIP

Share This Post

Share on facebook
Share on twitter
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp



Jakarta, CNN Indonesia

Rapat Paripurna DPR resmi mengganti dua orang anggota lewat pergantian antar-waktu (PAW), termasuk pengganti Abraham Lunggana atau Haji Lulung yang meninggal dunia beberapa waktu lalu.

Pelantikan itu dilaksanakan dalam rapat paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (11/1). Rapat paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

“Perlu kami beritahukan pula bahwa pimpinan DPR telah menerima petikan putusan presiden nomor 4146/P 2021 tertanggal 24 Desember 2021 tentang peresmian pengangkatan antar waktu anggota DPR dan anggota MPR RI sisa masa jabatan 2019-2024,” kata Cak Imin.

Dua anggota hasil PAW itu yakni; Harvey Malaiholo Fraksi PDIP daerah pemilihan Papua menggantikan almarhum Jimmy Demianus Ijie. Kemudian, Dian Istiqamah Fraksi PAN dapil Jakarta menggantikan almarhum Haji Lulung.

Dalam rapat paripurna itu, Ketua DPR RI Puan Maharani kemudian memandu kedua anggota baru membaca sumpah janji.

“Saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya, sebagai anggota dewan perwakilan rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD Tahun 1945,” kata Puan diikuti dua anggota PAW.

“Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi seseorang dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan, aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” lanjut Puan.

Rapat paripurna DPR ini juga menandai dimulainya masa sidang ketiga tahun sidang 2021-2022. DPR sebelumnya menjalani masa reses sejak 16 Desember 2021 hingga 11 Januari 2022.

Dalam Rapat Paripurna pembukaan masa sidang ini, sebanyak 99 anggota hadir secara fisik di Ruang Rapat Paripurna. Sementara, 235 anggota hadir secara virtual, sehingga total anggota yang hadir adalah 334 orang anggota.

(dmi/ain)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore