Mengenal Order Status Saham di Ajaib

Share This Post

Share on facebook
Share on twitter
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp



Jakarta, CNN Indonesia

Pasar modal merupakan dunia yang kompleks sehingga perlu pemahaman khusus sebelum terjun ke dalamnya. Kita harus paham tentang mekanisme perdagangan instrumen yang ada di sana serta platform sekuritas terpercaya untuk melakukan mekanisme tersebut.

Mengapa sangat penting dalam memilih platform sekuritas terpercaya, karena di platform itu lah kita akan menitipkan dana investasi kita dan melakukan transaksi. Seperti di Ajaib, yang memiliki komitmen untuk membuka pintu akses terhadap intrumen investasi yang aman, terpercaya, dan terjangkau. Hal ini terutama untuk investor ritel yang berasal dari berbagai lapisan masyarakat.

Sebagai perusahaan investasi dengan layanan mobile dan online trading yang terbaik di Asia Tenggara, Ajaib diminati oleh investor saham ritel dari kalangan milenial dan kini telah dipercaya oleh lebih dari 1 juta pengguna di Indonesia.

Untuk daftar di Ajaib, sangat mudah. Selain karena sudah 100% online, proses pembuatannya pun tidak memakan waktu. Hanya 5 menit. Calon investor juga tidak dikenai minimum investasi, sehingga ramah investor ritel. Biaya trading saham lebih rendah, sehingga potensi profit yang didapatkan pun lebih tinggi.

Aplikasi Ajaib juga cocok untuk pemula karena selain mudah, Ajaib memberikan banyak materi pembelajaran untuk bermain saham. Ada dua macam investasi yang dapat dilakukan dalam satu aplikasi Ajaib, yakni saham dan reksadana.

Atas inovasi dan upaya Ajaib, terutama dalam menjaring investor ritel, perusahaan ini telah meraih berbagai macam penghargaan. Di antaranya sebagai Top 10 Fintech StartUp in Indonesia dari FintechNews Singapore, Top 10 StartUp from Y Combinators dari TechCrunch, StartUp Investasi Reksadana Online Terbaik dari Dunia Fintech, 30 Under 30 Award Asia dari Forbes, serta The Most Innovative Brokerage House 2021 dan The Most Inspiring Securities Company 2021 di ajang CNBC Indonesia Awards yang belum lama ini digelar.

Jika sudah mempunyai Rekening Dana Nasabah (RDN) di Ajaib, kita bisa langsung melakukan pembelian melalui RDN kita. Namun sebelum mulai melakukan pembelian dan penjualan saham, kita perlu terlebih dahulu memahami sistem transaksinya. Mulai dari biaya transaksi, hingga status order saham.

Dengan memahami status order saham, kita dapat mengetahui apakah aktivitas berhasil atau tidak, dan kemudian dapat menentukan langkah berikutnya.

Sebab, sering terjadi, investor melakukan order secara terburu-buru, tanpa perhitungan panjang. Kerap terjadi investor melakukan transaksi hanya didasarkan pengamatan sesaat atau ikut-ikutan tren di pasar. Sebuah keputusan investasi yang dilakukan secara gegabah dan terburu-buru, seringkali berujung pada penyesalan di kemudian hari.

Ada beragam status order dalam bertransaksi saham. Pertama, status order Open. Kedua, status order Matched. Selanjutnya, ada status Amended, Withdrawn, Rejected, dan Sending.

Status order dikatakan Open apabila terjadi dua skenario. Pertama, ketika melakukan order beli saham, saham yang dibeli belum diperoleh karena membeli di harga yang lebih rendah dari harga Best Offer/Best Ask. Contoh, kamu mau membeli saham di harga 500 per lembar, tetapi harga saham yang dijual masih di atas itu. Pada kasus ini, kamu akan terus dalam status Open atau mengantri sampai bertemu penjual yang bersedia menjual saham di harga yang kamu tawar. Kedua, ketika melakukan order jual saham. Hal ini berkebalikan dengan yang pertama. Contohnya yakni, saat kamu hendak menjual saham di harga 900 per lembar, tetapi pembeli lainnya ingin membeli di bawah harga itu. Dalam kasus seperti ini, kita harus menunggu sampai ada calon pembeli yang mau membeli di harga yang kita lepas. Catatan, status open hanya muncul saat pasar sedang dibuka.

Status Order Match terjadi saat melakukan order buy (bid) dengan harga tertentu dan dikirim ke pasar yang Kemudian mengalami kecocokan dengan investor lain yang melakukan order sell (ask) di harga yang sama. Begitu pula sebaliknya. Disebut matched karena ada kesamaan permintaan penjualan dan pembelian. Dengan status matched ini, transaksi selesai.

Status Amended terjadi saat kita melakukan perubahan harga atau jumlah lot terhadap status order yang sebelumnya berstatus Open. Status lama kita akan berubah menjadi Amended dan akan muncul status order baru Open/Matched.

Status Withdrawn terjadi ketika kita melakukan cancel order atau pembatalan terhadap order yang sebelumnya berstatus Open. Pesanan dengan status Open hingga penutupan hari bursa akan secara otomatis diubah menjadi Withdrawn.

Status Rejected terjadi apabila transaksi beli ataupun jual yang dilakukan tidak sesuai dengan aturan perubahan fraksi yang ditetapkan oleh BEI, transaksi yang dilakukan pada harga di luar batas auto-rejection yang ditetapkan oleh BEI pada hari itu, transaksi yang dilakukan di luar jam perdagangan yang ditetapkan oleh BEI, transaksi yang dilakukan dalam jumlah di atas 50.000 lot, juga transaksi tidak sesuai dengan harga loncatan.

Sebagai contoh, sebuah saham dengan harga 950 dan dengan loncatan harga setiap 5 poin, berarti harga selanjutnya adalah 955, 960, 965, dan seterusnya. Jika investor memasukkan harga 952 atau memasukkan angka desimal, order dapat ditolak (Reject).

Status order Sending akan muncul ketika order sedang dalam proses pengiriman. Biasanya terjadi ketika kamu mengirim order beli atau jual sebelum pasar dibuka, atau selama waktu istirahat bursa.

Setelah memahami status order, selanjutnya kita bisa mulai mencoba melakukan transaksi (order) saham.

(aor)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore