Kamus Kehamilan: VBAC, Singkatan dari Apa?

Share This Post

Share on facebook
Share on twitter
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp


VBAC Singkatan dari apa? Foto: Shutter Stock
Selama kehamilan, Anda perlu mengetahui tentang beragam metode persalinan. Salah satunya adalah soal VBAC. Sudah pernah dengar, Moms?
Bila di kehamilan pertama Anda melahirkan dengan metode operasi caesar dan di kehamilan berikutnya ingin melahirkan normal atau dengan metode pervaginam, berarti Anda perlu paham soal VBAC, Moms.

Istilah VBAC dalam Kehamilan

Ilustrasi ibu melahirkan. Foto: Shutterstock

VBAC adalah singkatan dari Vaginal Birth After Caesarean atau artinya adalah persalinan normal yang dilakukan ibu hamil setelah menjalani operasi caesar pada persalinan sebelumnya. Jadi, bisa-bisa saja, lho, ibu hamil melahirkan normal walau di kehamilan sebelumnya melahirkan dengan operasi caesar.

Metode persalinan VBAC umumnya disarankan oleh dokter sebagai cara yang aman untuk menghindari lebih banyak operasi. Tingkat keberhasilan VBAC pada ibu hamil cukup tinggi karena berada di angka 70 persen. Hal ini dijelaskan oleh dokter spesialis kandungan di Englewood Hospital, AS, Dr Andrei Rebarber, MD seperti dikutip dari What to Expect.

Meski begitu, bukan berarti metode persalinan VBAC bisa dilakukan tanpa risiko ya, Moms. Sebab, tidak semua ibu hamil bisa melahirkan dengan metode VBAC, karena semua itu tergantung pada riwayat kehamilan dan juga kesehatan ibu saat hamil.

Ada beberapa hal yang akan menjadi pertimbangan dokter sebelum mengizinkan ibu hamil menjalani VBAC. Mulai dari usia, riwayat operasi caesar dengan sayatan rendah, kehamilan berjalan lancar, hingga jarak dengan persalinan caesar sebelumnya minimal 18-24 bulan.



Source link

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore