IHSG Ditutup Menguat di 6.658,35, Investor Asing Borong BBCA, BBRI, dan ADRO

Share This Post

Share on facebook
Share on twitter
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp


TEMPO.CO, Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan sesi kedua hari ini, Kamis, 13 Januari 2022, ditutup menguat. Data Bloomberg menunjukkan, pada pukul 15.00 WIB, IHSG berada di level 6.658,35 atau naik 0,17 persen.

Sepanjang perdagangan hari ini, IHSG bergerak di kisaran 6.626,33 – 6.667,94. Dalam perdagangan itu tercatat 243 saham menguat, 272 saham melemah dan 168 saham bergerak ditempat. Investor asing tercatat masih membukukan aksi net foreign buy Rp 578,65 miliar.

Adapun saham PT Bank IBK Indonesia Tbk (AGRS) menjadi top gainer teratas dengan kenaikan 21,9 persen ke harga Rp 167. Menyusul berikutnya adalah PT Limas Indonesia Makmur Tbk (LMAS) dan PT Jaya Agra Wattie Tbk (JAWA) dengan kenaikan masing-masing sebesar 12,5 persen dan 11,48 persen.

Investor asing tercatat membeli saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) sebesar Rp 153,6 miliar, atau yang terbanyak pada hari ini. Lalu saham yang diincar investor asing adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) senilai Rp 139,4 miliar dan PT Adaro Energy Tbk (ADRO) sebesar Rp 87,9 miliar.

Analis Teknikal NH Korindo Sekuritas Dimas Pratama menyebutkan, dibanding kemarin IHSG ditutup menguat. Sedangkan ketiga indeks saham utama AS masih melanjutkan penguatan terbatas pada Rabu lalu dipimpin oleh indeks S&P500 yang naik 0,28 persen.

Data Indeks Harga Konsumen (IHK) AS juga menunjukkan kenaikan 0,5 persen untuk periode Desember lalu, atau 7 persen sepanjang 2021.

Meski level ini merupakan tertinggi dalam hampir 4 dekade terakhir, tetapi telah sesuai dengan ekpektasi pasar. “Pergerakan pasar hari ini berpotensi untuk dipengaruhi oleh data inflasi AS serta sentimen kasus harian Covid-19 yang menunjukkan tren naik,” kata Dimas dalam risetnya hari ini.

Ia memperkirakan pergerakan bursa acuan masih bakal berkisar pada rentang 6.600-6.700. NH Korindo sebelumnya memperkirakan IHSG bakal rebound hari ini.

BISNIS

Baca: Foto Selfie Ghozali Laku Miliaran Rupiah, Begini Cara Jual Beli NFT di OpenSea

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu. 





Source link

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore