Apa Arti Pancasila Bagi Bangsa Indonesia? Ini Jawabannya!

Share This Post

Share on facebook
Share on twitter
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp



Ilustrasi arti Pancasila bagi bangsa Indonesia, sumber gambar oleh BPIP
Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang dibuat oleh para pahlawan dengan penuh perjuangan dan berbagai pengorbanan. Pancasila merupakan suatu hal yang sangat berarti bagi bangsa Indonesia, sebagai dasar negara Indonesia tidak mungkin lepas dari pembentukan karakter hingga praktik sehari-hari dalam kehidupan masyarakat. Lalu, apa arti Pancasila bagi bangsa Indonesia?

Arti Pancasila bagi Bangsa Indonesia

Ilustrasi arti Pancasila bagi bangsa Indonesia, sumber gambar oleh Gordon Johnson dari Pixabay

Dikutip dari laman resmin Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) (https://bpip.go.id/), arti Pancasila bagi bangsa Indonesia ditinjau dari lima sila. Kelimanya menentukan cara manusia Indonesia bersikap dan mengambil keputusan.

  1. Ketuhanan yang Maha Esa. Sila pertama ini adalah warga negara Indonesia percaya dan bertakwa pada Tuhan. Perwujudan rasa percaya dan takwa tentunya disesuaikan dengan agama dan kepercayaan tiap orang.

  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Arti sila kedua ini adalah setiap warga diminta memahami kesamaan derajat pada tiap manusia. Seluruh manusia harus saling menyayangi dan menghormati tanpa kecuali serta lepas dari pengaruh SARA. Perbedaan Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan tidak jadi alasan untuk acuh, tidak membantu, dan enggan saling menjaga sesama. Seluruh manusia selanjutnya bisa saling kerja sama untuk membela kebenaran dan keadilan di masyarakat.

  3. Persatuan Indonesia, arti dari sila ketiga ini adalah bangsa Indonesia dituntut mengutamakan kepentingan negara dibanding pribadi atau antar golongan. Persatuan dan kesatuan tentunya juga harus menjadi prioritas utama.
  4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Khidmat dan Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan, arti sila keempat ini bahwa dalam Pancasila ini mengajak untuk tidak memaksakan kehendaknya pada orang lain. Arti lainnya adalah ajakan selalu mengutamakan kepentingan negara dan orang lain.
  5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, arti atau makna sila kelima dalam Pancasila ini adalah pentingnya pengembangan perbuatan baik, dengan cara kekeluargaan dan gotong royong. Sila ini juga mengingatkan pentingnya bersikap adil.

Itulah arti Pancasila bagi bangsa Indonesia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. (WWN)



Source link

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore